Banner
HUT
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik
Visitors : 546224 visitors
Hits : 9600 hits
Today : 1 users
Online : 1 users
:: Kontak Admin ::

sma02_kudus sma02_kudus
Agenda
18 December 2017
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6

SMA 2 Kudus dijadikan piloting project dalam kerjasama antara Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga KAbupaten Kudus dengan Yayasan Surya Institut melalui Surat Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus nomor 421.3/1990/0.03/2010 tanggal 24 Maret 2010 dengan beberapa pertimbangan antara lain:

  1. Sebagai sekolah berstandar nasional
  2. Mempunyai lahan ideal yaitu 24.900 meter persegi
  3. Lokasi strategis ditengah kota dan jauh dari kebisingan lalu lintas
  4. Sarana dan prasarananya memadai
  5. Sumber daya manusia memadai
  6. Warga sekolah termasuk stakeholder mempunyai komitmen terhadap peningkatan mutu

Ciri kelas Unggul : mempunyai kurikulum khusus yang mengembangkan "Multiple Intellegences" didalam diri siswa (Kurikulum SMA 2 Kudus plus) dengan menghasilkan lulusan antara lain :

  1. Mengenal potensi dan kemampuan yang dimilikinya sebagai bagian dari asset bangsa
  2. Mengerti tren teknologi di masa mendatang dan tahu kemana ia harus berperan untuk membangun bangsa ini
  3. Menguasai materi perguruan tinggi dan materi olimpiade dalam bidang sains dan matematika (termasuk IT) sehingga siap untuk menjadi yang terdepan waktu kuliah di berbagai universitas favorit.
  4. Mempunyai karakter, budi pekerti dan leadership yang baik
  5. Mengenal kekayaan seni, budaya Indonesia dan siap untuk melindunginya

Multiple Intelligences dikembangkan melalui proses pembelajaran dengan memberikan materi pembelajaran sedemikian rupa sehingga bisa mencakup sebagnyak mungkin ragam kecerdasan serta mendorong siswa untuk belajar mandiri dengan berbagai pendekatan yang paling efektif bagi siswa sesuai kekuatan kecerdasan yang dimiliki diantara delapan ragam kecerdasan sebagai berikut:

  1. Kecerdasan bahasa (Linguistic Intellegences - "Word Smart")
  2. Kecerdasan logika - matematika (Logical - Mathematical Intellegence - "Number / Reasoning Smart")
  3. Kecerdasan spasial (Spatial Intellegence - "Picture Smart")
  4. Kecerdasan Kinestetik (Bodily - Kinesthetic Intellligence - "Body Smart")
  5. Kecerdasan Music (Musical Intelligence - "Music Smart")
  6. Kecerdasan Sosial (Interpersonal Intelligence - "People Smart)
  7. Kecerdasan refleksi diri (Intrapersonal Intelligence - "Self Smart")
  8. Kecerdasan alam (Naturalis Intelligence - "Nature Smart")

Selama ini proses pembelajaran lebih banyak hanya memberikan penekanan pada penyampaian materi pembelajaran menggunakan kecerdasan bahasa dan logika - matematika saja, sehingga tidak bisa mencakup seluruh anak yang memiliki potensi luar biasa tetapi memiliki penekanan kecerdasan diluar kedua kecerdasan tersebut. PEnekanan pada kecerdasan bahasa dan logika - matematika saja juga menyebabkan kurang berkembangnya kecerdasan manusia yang holistik.